Informasi Terbaru Seputar Konstruksi Banguan
(Data Refrensi, Harga Material Banguan & Upah, Properti dan Karir)
Advertisements

Lulusan Teknik Sipil Bisa Kerja Dimana ???

Teknik sipil baru muncul ditahun 1800 yaitu membedakan teknik yang dikhususkan kegiatan militer dan bukan untuk kegiatan militer. 



Hampir semua orang berfikir bahwa sebelum memutuskan untuk memilih jurusan teknik sipil tentunya orang-orang sudah punya tujuan kemana arah selanjutnya setelah lulus, apakah melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi atau menuju lapangan kerja yang professional.prospek kerja untuk lulusan teknik sipil sangat beraneka raga, tergantung mereka yang memilihnya, seperti konstruksi, properti, dan produksi.

Secara global, mungkin ada beberapa profesi yang bisa dijalankan pada kehidupan lulusan teknik sipil, berikut pilihan profesi bagi lulusan teknik sipil :

Kontraktor

Kontraktor atau konsultan sering disebut pemborong . kontraktor memiliki spesialisasi nya masing-masing, wilayah bidang usaha kontraktor sangat luas, focus usaha yang dimiliki oleh kontraktor adalah sebagai berikut :
  • Kontraktor penyedia jasa bangunan konstruksi
  • Kontraktor pengadaan jasa tenaga kerja
  • Kontraktor pertahanan dan militer
Pemilik proyek atau sering disebut owner yaitu yang memberi tanggung jawab kepada kontraktor untuk mengawasi konsultan pengawas pekerjaan yang dipekerjakan oleh owner. Selain itu ada beberapa tugas dan tanggung jawab kontraktor :
  • Spesifikasi yang direncanakan harus sesuai dengan perjanjian dan peraturan –peraturan yang terdapat pada surat kontrak 
  • Membuat progres dalam laporan harian, mingguan dan bulanan tentang kendala dan kemajuan pada sebuah proyek
  • Schedule kerja sesuai dengan rencana
  • Menyediakan tempat, bahan dan tenaga kerja.
  • Menjaga alat-alat proyek
Menjadi kontraktor tentu tidak mudah, harus banyak belajar dan menjadikan sebuah pekerjaan sebagai pengalaman karena seorang kontraktor harus cerdas menciptakan inovasi baru untuk memperlancarakan sebuah pembangunan dan dapat dipercaya dengan tidak melakukankan nya kecurangan dalam bekerja sehingga menyampaikan dan melaksanakan borongan sesuai dengan amanat yang diberikan oleh owner.

Konsultan perencana atau arsitek

Konsultan perencana atau arsitek dikenal sebuah profesi menawarkan jasa desain konstruksi seperti mendesain gambar bangunan, menghitung rencana anggaran biaya (RAB), dan membuat (RKS) rencana kerja dan syarat-syarat, bertanggung jawab atas kegagalan desain dan perhitungan struktur. Untuk menjadi konsultan perencana ini tentunya dibangku kuliah harus mahir program seperti Auto Cad, SAP 2000, eTabs dan lainnya.

Konsultan pengawas

Uraian tugas konsultan pengawas dimulai dari pekerjaan persiapan yaitu menyusun program kerja , konsep pekerjaan pengawas dan alokasi tenaga kerja, memeriksa time schedule, net work planning, setelah itu pekerjaan selanjutnya melaksanakan, selanjutnya mengawasi dan mengkoordinasi kegiatan teknis maupun administrasi teknis dilapangan, mengawasi kemajuan pelaksanaan proyek, jika ada pendapat teknik tentang penambahan atau pengurangan biaya yang berpengaruh pada ketentuan kontrak maka memberi masukkan untuk mendapatkan persetujuan dari pengguna jasa, kemudian konsultan pengawas berkonsultasi segala macam masalah dan persoalan pada sebuah proyek ke pengguna jasa. Konsultan pengawas harus benar-benar bisa membaca gambar dan mengetahui tentang prosedur proyek yang akan dijalankan.

Karyawan yang bekerja pada perusahaan BUMN

Perusahaan BUMN yang dimasuki oleh alumni teknik sil tentu juga tidak jauh dari bagian konstruksi, contohnya perusahaan PT. Wijaya Karya (WIKA), BUMN ini bergerak pada pembanguan gedung, jalan dan konstruksi lainnya.

Pegawai Negri Sipil (PNS) sebagai guru di sekolah SMK

Terkadang lulusan teknik sipil lebih menjadi guru di sekolah menuju kejuruan karena peluangnya lebih besar. Profesi PNS bagi alumni teknik dipil menjadi idaman semua orang dikarenakan adanya gaji tetap, kenaikan karier dan berbagai fasilitas penunjang lainnya.

Pegawai Negri Sipil sebagai Dosen

Menjadi dosen bukanlah gampang, tetapi lulusan sarjana khususnya teknik sipil berbondong-bondong mencari beasiswa untuk melanjutkan kejenjang lebih tinggi S2/S3,di dalam negri maupu luar negri, peluang ini saat terbuka karena di Indonesia masih jarang ada ahli di bidang tersebut. Selain itu pembangunan diberbagai daerah sangat membutuhkan para lulusan teknik sipil. Jika sahabat lulusan teknik sipil ada yang ingin menjadai dosen, tentu nya harus mendapatkan IPK tinggi atau cumlaude.

Oil dan Gas

Lowongan pekerjaan pada oil dan gas sebagai lulusan teknik sipil lumayan langka, dibandingkan dengan profesi kontraktor/konsultan. Karena mereka membutuhkan persyaratan yang tinggi seperti toefl/eils/toeic dan ipk >3,00. Jika mau masuk ke perusahaan ini rajin-rajin kuliah supaya mendapat nilai yang sangat memuaskan.

Menjual Jasa Online

Media sosial sekarang adalah juga sebuah peluang bagi alumni teknik sipil dalam halnya menjual jasa online, pengetahuan dan skill secara online. Salah caranya yaitu membuat blog yang berkualitas berkaitan dengan ilmu-ilmu teknik sipil. Blog tersebut sangat bermanfaat bagi si pembaca, dan bangunlah blog tersebut secara konsisten. Peluang jasa online sangat prospektif, apalagi zaman sudah serba online. Mahasiswa bisa dengan mudah mendapatkan ilmu teknik sipil di media sosial.

Bidang Umum

PLN merupakan sebuah pekerjaan yang sangat di idamkan oleh para lulusan teknik sipil, walaupun pekerjaan tersebut tidak berhubungan dengan industry dibidang konstruksi untuk pembangunan. Kemudian perusahaan swasta lainnya juga dapat menjadi tempat bekerja alumni teknik sipil termasuk pertambangan. Bagi yang suka bekerja di dunia perbankan bisa menjadi pilihan prospek kerja misalnya di Bank dan lain-lain.

Penulis: Cutmeri Mastura
Advertisements

Subscribe to receive free email updates: