Informasi Terbaru Seputar Konstruksi Banguan
(Data Refrensi, Harga Material Banguan & Upah, Properti dan Karir)
Advertisements

Harga Kayu Terbaru Juni 2018 untuk Keperluan Konstruksi

Agar mendapatkan material kayu berkualitas yang tahan lama untuk keperluan konstruksi sebuah bangunan, sedikitnya ada tiga informasi yang penting untuk diketahui, sebelum akhirnya anda benar-benar memutuskan untuk melakukan pembelian kayu.

Pertama, mengetahui macam atau jenis-jenis kayu. Kedua, fungsi dari masing-masing kayu. Terakhir adalah, mengetahui semua informasi masing-masing harga kayu terbaru secara lengkap.

Ada banyak cara yang bisa dipilih untuk mendapatkan semua informasi yang anda butuhkan di atas, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan cara melakukan pencarian informasi terbaru tentang harga bahan bangunan melalui dataarsitek.

Dataarsitek, menyajikan informasi macam atau jenis-jenis kayu berkualitas yang populer dari berbagai wilayah di Indonesia, fungsi kayu untuk keperluan konstruksi, dan tabel harga kayu terkini di tahun 2018.

Semua Informasi tersebut akan memudahkan anda untuk mengetahui harga kayu dari berbagai macam jenis. Melakukan perbandingan harga kayu, dan benar-benar mendapatkan jenis kayu berkualitas tahan lama untuk keperluan konstruksi bangunan, sesuai budget yang anda miliki saat ini.

31 Jenis Meranti atau Kelompok Komersial Satu 

NomorNama Perdagangan
1
Agatis
2
Balau
3
Balau Merah
4
Bengkirai 
5
Damar
6
Durian
7
Gia 
8
Giam
9
 Jelutung
10
Kapur
11
Kapur Petanang 
12
Kenari
13
Keruing
14
Kulim
15
Malapari
16
Matoa
17
Medang
18
 Meranti Kuning
19
Meranti Merah
20
 Meranti Putih 
21
Merawan
22
Merbau
23
Mersawa
24
Nyatoh
25
Palapi
26
Penjalin
27
Perupuk
28
Pinang
29
Pulai
30
Rasamala
31
Resak

55 Jenis Kayu Rimba Campuran atau Kelompok Komersial Dua

NomorNama Perdagangan
1
Bakau
2
Bayur
3
Benuang
4
Barumbung
5
Bintangur
6
Bipa
7
Bowoi 
8
Bugis
9
Cenge
10
Duabanga
11
Ekaliptus
12
Gelam
13
Gempol
14
Gopasa
15
Garunggang
16
Jabon
17
Jambu-jambu
18
Kapas-kapasan
19
Kayu Kereta
20
Kecapi
21
Kedondong Hutan
22
Kelumpang
23
Kembang Semangkok
24
Kempas
25
Kenanga
26
Keranji
27
Ketapang
28
Ketimun 
29
Lancat
30
Lara
31
Mahang
32
Madang
33
Mempisang
34
Mendarahan
35
Menjalin
36
Mentibu
37
Merambung
38
Punak
39
Puspa
40
Rengas
41
Saninten
42
Sengon
43
Sepat 
44
Sesendok
45
Simpur
46
Surian
47
Tembesu
48
Tempinis
49
Tepis
50
Tenggayun
51
Terap
52
Terentang
53
Terentang Ayam
54
Tusam
55
Utup

3 Jenis Kayu Eboni atau Kelompok Indah Satu

NomorNama Perdagangan
1
Eboni Bergaris
2
Eboni Hitam
3
Eboni

32 Jenis Kayu Indah/Kelompok Indah Dua

NomorNama Perdagangan
1
Bongin
2
Bungur
3
Cempaka
4
Cendana
5
Dahu
6
Johar
7
Kuku
8
Kupang
9
Lasi
10
Mahoni
11
Melur
12
Membacang
13
Mindi
14
Nyirih
15
Pasang
16
Perapat Darat
17
Raja Bunga
18
Rengas
19
Ramin
20
Sawo Kecik
21
Sali Muli
22
Sindur
23
Sonokembang
24
Sonokeling
25
Sungkai
26
Tanjung
27
Tapos
28
Tijau Belukar
29
Torem
30
Terembesi
31
Ulin
32
Weru

9 Macam-macam atau Jenis Kayu Asal Indonesia

Di Indonesia, sedikitnya ada sekitar 400 jenis kayu yang memiliki nilai ekonomi, dan 260 jenis diantaranya tergolong sebagai kayu perdagangan.

Berdasarkan Lampiran Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: 163/Kpts-II/2003 tanggal 26 Mei 2003, berikut daftar nama-nama kayu atau kelompok kayu menurut nama perdagangannya yang menarik untuk diketahui :
 Kayu Berkualitas untuk Konstruksi Bangunan

#1 Kayu Jati

Kayu Jati


Kayu jenis ini berasal dari sebuah pohon jati yang tumbuh pada daerah hutan hujan tropis yang bersuhu antara 27-37 derajat. Pohon ini umumnya memiliki ukuran yang besar dengan tinggi bisa mencapai 30-40 meter.

Kayu jati mempunyai serat dan tekstur yang indah dan berkualitas, tahan terhadap rayap, jamur, dan serangga.

Ini adalah salah satu pilihan jenis kayu berkualitas untuk konstruksi bantalan kereta api dan kontruksi kuda-kuda atap serta struktur jembatan. Hingga saat ini kayu jati berkualitas juga lebih sering digunakan untuk pekerjaan furniture seperti pintu, jendela, dan meja kursi.

#2 Kayu Merbau 

Kayu Merbau


Kayu merbau adalah salah satu jenis kayu berkualitas yang sangat direkomendasikan untuk keperluan konstruksi penyangga dan tiang atap rumah. Kayu merbau memiliki tekstur dan serat garis putus-putus berwarna coklat kemerahan.

Ini adalah salah satu jenis kayu keras yang stabil, yang berasal dari pohon merbau yang tumbuh subur di hutan hujan tropis di Indonesia.

#3 Kayu Kamper 

Kayu Kampar

Kayu kamper terbagi dalam 3 kelompok utama berdasarkan daerah asal, diantaranya adalah kayu kemper Samarinda, kayu kemper Surabaya, dan kayu kemper kruing Sumatera.


Dalam bangunan, kayu kemper banyak dipilih untuk dibuat sebagai pintu dan jendela. Memiliki serat berkualitas yang sangat halus dan bobot yang ringan, juga tahan terhadap rayap, kayu kemper juga sangat direkomendasikan untuk bahan furniture.

#4 Kayu Bengkirai

Kayu Bengkirai

Kayu ini berasal dari pohon bengkirai yang tumbuh subur di hutan hujan tropis di pulau Kalimantan, Indonesia. Karakter kayu bengkirai umumnya memiliki warna kuning dan kecoklatan.

Dikenal juga sebagai yellow balau, ini adalah salah satu jenis kayu kuat yang tahan cuaca. Karena memiliki daya tahan dan kualitas yang sangat baik, kayu bengkirai sangat direkomendasikan untuk keperluan konstruksi bangunan atap kayu, atau digunakan untuk eksterior bangunan seperti listplank dan decking.

#5 Kayu Kelapa

Kayu Kelapa


Kayu kelapa yang banyak digunakan untuk konstruksi bangunan adalah kayu kelapa kelas 1 yang umumnya berumur lebih dari 60 tahun. Kayu kelapa atau glugu ini sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai rangka atap, rangka kanopi teras dan juga digunakan untuk membuat bekisting balok.

#6 Kayu Meranti

Kayu Meranti



Kayu ini berasal dari pohon meranti yang banyak ditanam di pulau Kalimantan. Memiliki tekstur dan serat yang tidak begitu halus, kayu meranti diperlukan untuk pembuatan multiplek yang sering digunakan untuk bekisting.

Kayu ini memiliki daya tahan yang tidak cukup baik terhadap suhu dan cuaca, sehingga tidak direkomendasikan untuk eksterior bangunan.

Kayu meranti yang tersedia untuk dipilih saat ini adalah meranti merah muda tua dan meranti merah muda.

#7 Kayu Ulin atau Kayu Besi

Kayu Besi


Kayu ulin atau kayu besi umumnya memiliki warna gelap dan tahan terhadap air, bahkan air laut. Selain sering digunakan untuk konstruksi rumah, kantor, dan gedung.

Kayu kelas kuat I dan Kelas Awet I ini, sangat direkomendasikan untuk konstruksi bangunan tiang pancang, atap kayu, papan lantai, kosen. Bahkan cocok juga untuk banguan jembatan, dan bantalan kereta api.

#8 Kayu Gelam

Kayu Gelam

Kayu gelam, adalah kayu berkualitas untuk konstruksi rumah seperti pagar, atau tiang penyangga sementara. Kayu gelam juga sering digunakan sebagai stager atau perancah dalam sebuah proyek rumah. Pada beberapa daerah, kayu gelam juga sering dibuat untuk cerucuk pada pekerjaan sungai dan jembatan.

#9 Kayu Akasia 

Kayu Akasia
Kayu akasia atau acacia mangium, adalah kayu berkualitas yang bisa anda pilih untuk digunakan sebagai bahan konstruksi dan bahan pembuatan meuble atau furniture.

Tergolong kedalam kelas awet II, dengan daya tahan lebih dari 20 tahun, dan kelas kuat kategori II-I, dengan kemampuan menahan lentur diatas 1100 kg/cm2 dan mengantisipasi kuat desak diatas 650 kg/cm2. Kayu akasia memiliki sifat kembang susut kayu yang kecil, daya retaknya rendah, kekerasannya sedang dan bertekstur agak kasar serta berserat lurus berpadu.

Keunggulan Penggunaan Material Kayu sebagai Kostruksi Bangunan dalam Arsitektur

Hampir dapat dipastikan semua konstruksi bangunan membutuhkan kayu sebagai material utamanya, mulai dari konstruksi rumah, kantor, sekolah, bahkan cafe dan restoran.

Bila dibandingkan dengan material lainnya, kayu menawarkan berbagai keunggulan pada bangunan. Dalam konstuksi khususnya dunia arsitektur, ada beberapa keunggulan dari penggunaan kayu sebagai material utama sebuah konstruksi bangunan. Diantaranya adalah :

  • Isolasi Panas Ekonomis 

Bila dibandingkan dengan bata dan beton, kayu memiliki kinerja yang lebih baik untuk menjaga kebocoran energi rumah. Kayu memiliki kemampuan mengisolasi panas dengan baik, sehingga kayu dapat menjaga energi atau suhu rumah tetap sejuk.

  • Hemat waktu, tenaga kerja dan mudah 

Dari segi waktu dan tenaga kerja, konstruksi kayu sangat hemat bila dibandingkan dengan batu bata atau beton. Pemasangan konstruksi kayu juga cenderung lebih mudah. Pengerjaan konstruksi yang menggunakan material kayu dapat dilakukan kapan saja tanpa terkendala cuaca. Dalam pengerjaannya lebih mudah mengikuti struktur kayu daripada perencanaan konstruksi batu bata, beton, atau rangka baja.

  • Ramah lingkungan

Bangunan yang terbuat dari kayu dikenal ramah lingkungan. Struktur kayu dapat menyerap dan menyimpan CO2. Tentu saja kayu yang digunakan adalah kayu yang memang sengaja dibuat untuk bangunan, bukan hasil penebangan ilegal, dan lebih baik lagi jika kayu yang Anda gunakan adalah jenis kayu lokal. Selain menghemat kantong karena lebih murah, kayu lokal tak membutuhkan pengangkutan yang jauh ke tempat proyek.

  • Fleksibel

Kayu bisa dipilih berdasarkan kebutuhan, warna, dan penampilannya. Ada yang ideal digunakan sebagai struktur rangka, dinding, plafon, dan perabotan. Kayu bisa di finishing dengan beragam pilihan, kayu bisa dipotong, diukir, dilem, ditumpuk, dan sebagainya

  • Kekuatan

Alasan paling penting adalah kayu memiliki kekuatan untuk memikul beban dan keamanan konstruksinya. Kayu lebih fleksibel daripada batu bata. Misalnya pada rumah dengan batu bata, jika terjadi pergeseran kecil, maka akan muncul retak pada dinding semennya. Rumah kayu sebaliknya tetap pada kondisi seperti aslinya karena kelenturannya.

Daftar Harga Kayu Terbaru Juni 2018 Terlengkap

Harga Kayu Jati Kelas A1 & A4 

Kelas Kayu Jati Satuan Harga
Kelas A1
m3
Rp. 2.000.000
Kelas A2
m3
Rp. 3.000.000
Kelas A3
m3
Rp. 5.000.000
Kelas A4
m3
Rp. 7.000.000

Harga Kayu Merbau Per Lembar Terbaru 

Tebal Lebar Panjang Harga
3cm
20cm
4m
Rp 315.000
3cm
25cm
4m
Rp 390.000
3cm
30cm
4m
Rp 470.000
4cm
20cm
4m
Rp 420.000
4cm
25cm
4m
Rp 520.000
4cm
30cm
4m
Rp 625.000
6cm
12cm
4m
Rp 375.000
6cm
15cm
4m
Rp 470.000

Harga Kayu Kamper Medan, Banjar, Singkil, Samarinda Permeter Kubik

Kayu Harga
Kamper Medan Rp. 4.500.000
Kamper Banjar Rp. 5.500.000
Kamper Singkil Rp. 6.500.000
Kamper Samarinda Rp. 8.000.000

Harga Kayu Bengkirai Permeter Kubik 

Kayu Bengkirai Harga
Balok Bengkirai
Rp.7000.000,-/m3 sampai Rp.8.500.000,- /m3
Usuk Bengkirai
Rp.6.500.000,-/m3 sampai Rp.7.500.000,-/m3
Reng Bengkirai
Rp.900.000,-/m3 sampai Rp. 4.200.000,-/m3
Papan Bengkirai
Rp.8000.000,-/m3 sampai Rp.9.500.000,-/m3

Harga Kayu Kelapa Berbagai Ukuran Standar 

  • Kayu Balok Kelapa

Tebal Lebar Panjang Harga
6cm
12cm
3m
Rp 64.800
6cm
12cm
4m
Rp 84.600
6cm
12cm
5m
Rp 108.000
6cm
12cm
6m
Rp 138.240
8cm
12cm
3m
Rp 86.400
8cm
12cm
4m
Rp 115.200
8cm
12cm
5m
Rp 144.000
8cm
12cm
6m
Rp 185.000
10cm
10cm
3m
Rp 90.000
10cm
10cm
4m
Rp 120.000
10cm
10cm
5m
Rp 150.000
10cm
10cm
6m
Rp 192.000

  • Kayu Usuk Kelapa

Tebal Lebar Panjang Harga
4cm 6cm 3m Rp 18.000
4cm 6cm 4m Rp 24.000
4cm 6cm 5m Rp 30.000
5cm 7cm 3m Rp 26.250
5cm 7cm 4m Rp 35.000
5cm 7cm 5m Rp 43.750
8cm 12cm 5m Rp 43.750

  • Reng dan Papan Kelapa

Tebal Lebar Panjang Harga
2cm
3cm
3m
Rp 4.000
3cm
20cm
4m
Rp 78.600

  • Harga Kayu Meranti Sumatera

No Spesifikasi Barang Ukuruan Satuan Jumlah per M3 Harga
1
RENG IKATAN MERANTI SUMATRA
2 X 3 X 400 CM
M3
416.7
Rp 3.000.000
2
RENG LEPASAN MERANTI SUMATRA
2 X 3 X 400 CM
M3
416.7
Rp 3.200.000
3
RENG IKATAN MERANTI SUMATRA
3 X 4 X 400 CM
M3
208.3
Rp 3.000.000
4
RENG LEPASAN MERANTI SUMATRA
3 X 4 X 400 CM
M3
208.3
Rp 3.200.000
5
KASO IKATAN MERANTI SUMATRA
4 X 6 X 400 CM
M3
104.2
Rp 4.000.000
6
KASO LEPASAN MERANTI SUMATRA
4 X 6 X 400 CM
M3
104.2
Rp 4.400.000
7
KASO IKATAN MERANTI SUMATRA
5 X 7 X 400 CM
M3
71.4
Rp 4.000.000
8
KASO LEPASAN MERANTI SUMATRA
5 X 7 X 400 CM
M3
71.4
Rp 4.400.000
9
GALAR MERANTI SUMATRA
5 X 10 X 400 CM
M3
50
Rp 4.700.000
10
BALOK MERANTI SUMATRA
6 X 12 X 400 CM
M3
34.7
Rp 4.700.000
11
BALOK MERANTI SUMATRA
8 X 12 X 400 CM
M3
26
Rp 4.700.000
12
BALOK MERANTI SUMATRA
6 X 15 X 400 CM
M3
27.8
Rp 4.700.000
13
PAPAN MERANTI SUMATRA
2 X 20 X 400 CM
M3
62.5
Rp 4.800.000
14
PAPAN MERANTI SUMATRA
3 X 20 X 400 CM
M3
41.7
Rp 4.800.000
15
PAPAN MERANTI SUMATRA
4 X 20 X 400 CM
M3
31.3
Rp 4.800.000
16
PAPAN MERANTI SUMATRA
5 X 20 X 400 CM
M3
25
Rp 4.900.000
17
PAPAN MERANTI SUMATRA
6 X 20 X 400 CM
M3
20.8
Rp 4.900.000
18
PAPAN MERANTI SUMATRA
3 X 25 X 400 CM
M3
33.3
Rp 4.900.000
19
PAPAN MERANTI SUMATRA
4 X 25 X 400 CM
M3
25.0
Rp 4.900.000
20
PAPAN MERANTI SUMATRA
3 X 30 X 400 CM
M3
27.8
Rp 5.000.000
21
PAPAN MERANTI SUMATRA
4 X 30 X 400 CM
M3
20.8
Rp 5.000.000

Harga Kayu Ulin Sulawesi dan Kalimantan Permeter Kubik

Kayu Ulin Harga
Kayu Ulin Sulawesi Rp. 11.000.000
Kayu Ulin Kalimantan Rp. 16.000.000

Harga Kayu Galam Perbatang

Ukuran Panjang Harga
Diameter 4/6
4m
Rp.8.000/batang.
Diameter 6/8
4m
Rp.16.000/batang.
Diameter 8/10
4m
Rp.25.000/batang.
Diameter 10/12
4m
Rp.35.000/batang.
Diameter 12/14
4m
Rp.45.000/batang.
Diameter 14/16
4m
Rp.55.000/batang.
Diameter 4/6
5m
Rp.20.000/batang.
Diameter 6/8
5m
Rp.35.000/batang.
Diameter 8/10
5m
Rp.45.000/batang.
Diameter 10/12
5m
Rp.55.000/batang.
Diameter 12/14
5m
Rp.65.000/batang.
Diameter 14/16
5m
Rp.65.000/batang.

Harga Kayu Akasia Perkubik

Diameter Kayu Panjang Harga
10 – 13 cm 1-1,9 meter Rp 628.000
16 – 19 cm 1-1,9 meter Rp 733.000
22, 25 dan 28 cm 1-1,9 meter Rp 880.000
30 – 39 cm 1-1,9 meter Rp 1.113.000
10 – 13 cm 2-2,9 meter Rp 653.000
16 – 19 cm 2-2,9 meter Rp 774.000
22, 25 dan 28 cm 2-2,9 meter Rp 959.000
30 – 39 cm 2-2,9 meter Rp 1.212.000
10 – 13 cm 3-3,9 meter Rp 684.000
16 – 19 cm 3-3,9 meter Rp 823.000
22, 25 dan 28 cm 3-3,9 meter Rp 1.033.000
30 – 39 cm 3-3,9 meter Rp 1.325.000
10 – 13 cm 4 meter up Rp 715.000
16 – 19 cm 4 meter up Rp 877.000
22, 25 dan 28 cm 4 meter up Rp 1.121.000
30 – 39 cm 4 meter up Rp 1.455.000

Harga Kayu Kaso

Spesifikasi Barang
satuan
Harga (Rp.)
Meranti 4 x 6
batang (4m)
32.500,-
Meranti 5 x 7
batang (4m)
39.000,-
Borneo 4 x 6
batang (4m)
28.000,-
Borneo 5 x 7
batang (4m)
43.000,-
Kamper 4 x 6
batang (4m)
50.000,-
Kamper 5 x 7
batang (4m)
70.000,-

Harga Kayu Galar

Spesifikasi Barang
satuan
Harga (Rp.)
Meranti 5 x 10
batang (4m)
60.000,-
Borneo 5 x 10
batang (4m)
60.000,-
Kamper 5 x 10
batang (4m)
95.000,-

Harga Kayu Balok

Spesifikasi Barang
satuan
Harga (Rp.)
Meranti 6 x 12
batang (4m)
80.000,-
Meranti 8 x 12
batang (4m)
125.000,-
Borneo 6 x 12
batang (4m)
80.000,-
Borneo 8 x 12
batang (4m)
100.000,-
Kamper 6 x 12
batang (4m)
185.000,-
Kamper 8 x 12
batang (4m)
210.000,-

Harga Kayu Reng

Spesifikasi Barang
satuan
Harga (Rp.)
Meranti 2 x 3
batang (4m)
15.000,-
Meranti 3 x 4
batang (4m)
17.500,-
Borneo 2 x 3
batang (4m)
17.500,-
Borneo 3 x 4
batang (4m)
20.500,-
Kamper 2 x 3
batang (4m)
20.500,-
Kamper 3 x 4
batang (4m)
22.000,-

Fungsi Reng, Kaso, Balok dan Papan pada Konstruksi Bangunan 

  1. Reng Kayu berfungsi sebagai dudukan genteng
  2. Kaso berfungsi sebagai plafon, bekisting ngecor dan lai-lain
  3. Balok berfungsi sebagai kuda-kuda atap, kusen dan lain-lain
  4. Papan berfungsi lisplang, bekisting ngecor, furniture

Cara Menghitung Volume Kayu menurut Ukuran dan Kubikasinya :

Kayu konstruksi umumnya dijual per m3 dan perbatang. Panjang kayu umumnya berukuran 4 meter walaupun kadang-kadang ada yang kurang dari 4 meter.

Untuk menghitung atau menentukan jumlah batang kayu per m3 yaitu didasarkan pada asumsi bahwa panjang kayu 4 meter serta ukuran kayunya. Contohnya untuk menghitung jumlah batang kayu kaso ukuran 4×6 artinya ukuran besarnya kayu 4cmx6cm dalam 1m3.

Cara menghitungnya : 

(1.000.000 : 400 : 4 : 6 = 104 batang kayu)
1m3 berasal dari 1mx1mx1m setara dengan 100cmx100cmx100cm=1.000.000cm3

Informasi Ukuran Kayu Kubikasi dan Isinya

Ukuran Volume Isi
Reng 2×3
1m3
416 batang
Reng 3×4
1m3
208 batang
Kaso 4x6
1m3
104 batang
Kaso 5×7
1m3
72 batang
Balok 5×10
1m3
50 batang
Balok 6×12
1m3
35 batang
Balok 8×15
1m3
20 batang
Papan 2×10
1m3
125 lembar
Papan 2×20
1m3
62.5 lembar
Papan 3×20
1m3
42 lembar
Papan 3×30
1m3
28 lembar

Penutup

Dengan mengetahui informasi harga kayu terbaru pada bulan Juni 2018,saya berharap anda sudah mendapatkan gambaran kayu berkualitas mana yang akan anda pilih untuk digunakan sebagai bahan konstruksi bangunan baru anda.

Saya berharap anda juga dapat melakukan perbandingan harga kayu untuk konstruksi bangunan dengan cepat dan mudah. Sehingga anda dapat menentukan kayu mana yang paling berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.

Daftar tabel harga kayu terbaru Maret 2018 di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Harga kayu jati, merbau, kamper, bengkirai, kelapa, meranti, ulin, gelam dan akasia, serta reng, usuk, balok dan papan di atas belum termasuk biaya pengiriman.
Advertisements
Advertisements