Informasi Terbaru Seputar Konstruksi Banguan
(Data Refrensi, Harga Material Banguan & Upah, Properti dan Karir)
Advertisements

Harga Pasir dan Batu Bata Oktober 2018 untuk Bangunan Rumah Modern

Pembangunan sebuah bangunan khususnya bangunan rumah di Indonesia, hingga tahun 2018, masih terus berlangsung dan diprediksi jumlah bangunan rumah akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

Ada banyak alasan kuat yang bisa dikemukakan terkait pembangunan bangunan rumah yang terus meningkat.

Salah satu alasan tersebut diantaranya adalah, tersedianya bahan bangunan secara lengkap dipasaran dan jaminan kemudahan untuk melakukan pembelian baik secara online maupun offline, baik secara cash ataupun kredit.

Jika saat ini Anda tengah melakukan proses pembangunan bangunan rumah tinggal idaman nyaman yang modern dan sedang membutuhkan bahan bangunan pasir dan batu, berkunjung ke dataarsitek.com adalah salah satu langkah yang sangat saya rekomendasikan.

Postingan ini berisi informasi lengkap harga bahan bagunan pasir dan batu tahun 2018, di Indonesia. Informasi harga perlengkapan bangunan pasir dan batu yang lengkap ini, tentu akan mempermudah Anda selaku calon pembeli memperkirakan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk belanja bahan bangunan pasir dan batu.
Harga Pasir dan Batu

Namun terlebih dahulu, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui seperti apa jenis pasir dan batu yang berkualitas yang harus Anda beli ?. Mengetahui tips memilih pasir dan batu yang tepat untuk bahan bangunan Anda?.  Jadi, pastikan jari Anda tetap dilayar gadget canggih Anda dan silahkan scroll halaman ini hingga ke bagian akhir postingan ini.

Jenis Pasir dan Batu Bata Berkualitas untuk Bangunan

Pasir Berkualitas untuk Bangunan 

Pasir merupakan hasil kekayaan alam berbentuk butiran pasir berukuran antara 0,0625 sampai 2 milimeter. Materi pembentuknya adalah silikon dioksida dan beberapa pasir lainnya dibentuk dari materi batu kapur.

Bila pasir dikombinasikan dengan semen, maka pasir dapat digunakan sebagai bahan untuk mendirikan sebuah bangunan.

Dalam sebuah bangunan, pasir bangunan yang telah bercampur semen, dapat difungsikan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk keperluan urugan, sebagai mortar atau spasi, dan dapat berfungsi sebagai campuran beton.

2 Jenis Pasir Berkualitas untuk Keperluan Bangunan Cor

1. Pasir Jenis Merah

Pasir merah adalah salah satu jenis pasir kasar untuk bahan bangunan yang terdiri butiran pasir dengan batuan berukuran lebih besar dari batuan yang ada pada jenis pasir pasang.

Di Indonesia, pasir merah bisa ditemui di daerah Sukabumi dan Cianjur. Di daerah tersebut pasir merah juga sering dikenal dengan sebutan pasir Jebrod, karena pasir tersebut ditambang didaerah Jebrod, Cianjur.

Karena pasir merah bentuknya lebih kasar dengan butiran batu pasir yang berukuran lebih besar. Maka, pasir merah sangat dirokemendasikan untuk digunakan sebagai bahan pelengkap untuk membuat sebuah bangunan cor benar-benar kokoh dan kuat.

2. Pasir Jenis Beton

Ciri dan kualitas dari jenis pasir ini dapat Anda ketahui dengan mudah. Anda dapat mengetahuinya berdasarkan warna, tingkat kekasaran dan unsur campuran yang terkandung pada pasir.

Pasir beton adalah jenis pasir yang umumnya memiliki butiran pasir yang lebih halus dari pasir merah dan pasir beton berwarna hitam pekat. Tidak sama dengan pasir Elod atau pasir sungai, pasir beton tidak mengandung unsur campuran tanah. Jadi saat dikepal dengan tangan pasir beton tidak akan menggumpal.

Selain sangat direkomendasikan sebagai bahan pelengkap untuk keperluan pengecoran. Pasir beton juga sangat baik ketika digunakan sebagai bahan  plesteran dinding, pondasi, juga sebagai bahan untuk mortar atau spasi pada bangunan bata atau batu.  

2. Jenis Pasir Elod

Ciri ciri dari pasir elod ini adalah apabila dikepal dia akan menggumpal dan tidak akan puyar kembali. Pasir ini masih ada campuran tanahnya dan warnanya hitam. Jenis pasir ini tidak bagus untuk bangunan. Pasir ini biasanya hanya untuk campuran pasir beton agar bisa digunakan untuk plesteran dinding, atau untuk campuran pembuatan batako.


3. Pasir Pasang

Yaitu pasir yang tidak jauh beda dengan pasir jenis elod lebih halus dari pasir beton. Ciri-cirinya apabila dikepal akan menggumpal dan tidak akan kembali ke semula. Pasir pasang biasanya digunakan untuk campuran pasir beton agar tidak terlalu kasar sehingga bisa dipakai untuk plesteran dinding.


5. Pasir Sungai

adalah pasir yang diperoleh dari sungai yang merupakan hasil gigisan batu-batuan yang keras dan tajam, pasir jenis ini butirannya cukup baik (antara 0,063 mm – 5 mm) sehingga merupakan adukan yang baik untuk pekerjaan pasangan. Biasanya pasir ini hanya untuk bahan campuaran saja .

Berikut ke 5 jenis pasir untuk bangunan yang bisa kami sampaikan untuk berbagi pengetahuan kepada anda. Demikianlah jenis jenis dari bahan pasir untuk bangunan yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat.

Batu Bata Berkualitas Untuk Bangunan 

Batu bata adalah salah satu jenis batu buatan yang cukup fungsional untuk pembangunan konstruksi rumah. Jenis batu bata populer yang banyak diproduksi di Indonesia adalah batu dari bahan tanah liat.

Tidak hanya populer karena ketersediaan cukup banyak dan dapat dibeli dengan mudah. Batu bata dari tanah liat ini juga populer karena sangat bermanfaat untuk kerperluan membangun konstruksi dinding sebuah bangunan.

Ada dua jenis batu bata yang bisa dipilih. Pertama, batu bata merah dan yang kedua batu bata muka. Batu bata merah sangat direkomendasikan untuk mendirikan dinding sebuah bangunan. Sementara batu bata muka atau bata imitasi, berfungsi untuk membuat dinding ekspos atau elemen penghias interior.

Cara Memilih Bahan Pasir dan Batu Bata untuk Bangunan 

Agar rumah nyaman modern yang akan Anda bangun kokoh dan tahan lama. Maka sangat disarankan Anda mengetahui bagaimana cara memilih bahan pasir dan batu bata yang berkualitas untuk bangunan.

Bahan pasir yang berkualitas untuk bahan bangunan memiliki ciri khusus dibandingkan pasir-pasir standar lainnya. Pasir berkualitas tidak mengandung ampas pasir. Ciri pasir berkualitas ini dapat diketahui ketika Anda memasukannya ke dalam air. Butiran pasir berkualitas tidak cepat terurai ketika dimasukan ke dalam air.

Pasir berkualitas juga biasanya harganya sedikit lebih tinggi dibanding pasir standar. Selalu pastikan pasir berkualitas yang akan Anda beli sesuai dengan kuantitas pesanan Anda. Hal ini dapat membantu Anda terhindar dari penjual pasir yang biasanya menambahkan ganjalan berupa kayu balok untuk mengurangi kuantitas pasir.

Jenis batu bata berkualitas untuk bangunan adalah batu bata yang keras dan tidak mudah patah. Batu bata berkualitas ini memiliki ciri nyaring bila diketok, lebih ringan dan pori-pori batu bata tersebut sangat rapat.

Perkiraan Harga Pasir Tahun 2018 

Jenis Pasir Satuan Perkiraan Harga
Pasir Beton Colt Diesel (6-7 per m3) Rp1.855.000
Pasir Pasang Colt Diesel (6-7 per m3) Rp 1.799.000
Pasir Putih Lampung Colt Diesel (6-7 per m3) Rp 1.999.000
Pasir Putih Cilegon Colt Diesel (6-7 per m3) Rp 1.650.000
Pasir Putih Cilegon m3 Rp 235.000
Pasir Putih Rangkas Colt Diesel (6-7 per m3) Rp 1.790.000
Pasir Putih Rangkas m3 Rp 280.000
Pasir Mundu m3 Rp 269.000
Pasir Hitam m3 Rp 320.000

Perkiraan Harga Batu Bata Tahun 2018

Jenis Batu Bata Satuan Perkiraan Harga
Batu Merah Standar Biji Rp 850,-
Batu Merah Oven Biji Rp 1000.-

Penutup

Mengetahui kisaran harga pasir dan batu bata, tentu akan membantu Anda dengan mudah memperkirakan estimasi biaya belanja bahan bangunan 2018 untuk rumah modern yang akan dibangun. 

Daftar harga pasir dan batu bata 2018 di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Salam. 
Advertisements

Subscribe to receive free email updates: