Informasi Terbaru Seputar Konstruksi Banguan
(Data Refrensi, Harga Material Banguan & Upah, Properti dan Karir)
Advertisements

Pengertian, Klasifikasi & Tips Memilih Apartemen

#Pengertian Apartemen Menurut Undang-Undang 

Dalam Undang - Undang Rumah Susun, Pasal 1 menyebutkan bahwa yang diartikan dengan apartemen adalah bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan  dan terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional dalam arah horizontal maupun vertikal yang merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, terutama untuk hunian yang dilengkapi dengan bagian-bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

# Pengertian Apartemen Menurut Para Ahli

Menurut Oxford English Dictionary definisi Apartemen adalah beberapa ruangan yang merupakan tempat tinggal, atau berbentuk flat.

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, tahun 1994 halaman 69.
Apartemen adalah tempat tinggal suatu bangunan bertingkat yang lengkap dengan ruang duduk, kamar tidur, dapur, ruang makan, jamban, dan kamar mandi yang terletak pada satu lantai, bangunan bertingkat yang terbagi atas beberapa tempat tinggal.  

Menurut Ernst Neufert, tahun 1980 halaman: 86
Apartemen adalah bangunan hunian yang dipisahkan secara horisontal dan vertikal agar tersedia hunian yang berdiri sendiri dan mencakup bangunan bertingkat rendah atau bangunan tinggi, dilengkapi berbagai fasilitas yang sesuai dengan standar yang ditentukan. 

Menurut Kevin Lynch dan Gary Hack, tahun 1984 halaman 252 
Apartemen diartikan sebagai “...several dwelling units share a common (usually an indoor) access and are enclosed by a common structural envelope...”, yang artinya adalah beberapa unit hunian yang saling berbagi akses yang sama dan dilingkupi oleh struktur kulit bangunan yang sama

Menurut buku Joseph De Chiara & John Hancock Callender Time Server Standart Mc Grow Hill, 1968, For Building Type NY Apartemen adalah Sebuah unit tempat tinggal yang terdiri dari Kamar Tidur, Kamar Mandi, Ruang Tamu, Dapur, Ruang Santai yang berada pada satu lantai bangunan vertikal yang terbagi dalam beberapa unit tempat tinggal. Apartemen harus memberikan keindahan, kenyamanan, keamanan dan privasi bagi keluarga yang tinggal di dalamnya.

Menurut Endy Marlina, tahun 2008
Apartemen adalah bangunan yang memuat beberapa grup hunian, yang berupa rumah flat atau rumah petak bertingkat yang diwujudkan untuk mengatasi masalah perumahan akibat kepadatan tingkat hunian dan keterbatasan lahan dengan harga yang terjangkau di perkotaan.

Menurut ahli bahasa Harris Tahun 1975; halaman 20
Apartemen adalah suatu ruang atau rangkaian ruang yang dilengkapi dengan fasilitas serta perlengkapan rumah tangga dan digunakan sebagai tempat tinggal.

Berdasarkan Wikipedia
Apartemen, flat atau rumah pangsa merupakan sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Suatu gedung apartemen dapat memiliki puluhan bahkan ratusan unit apartemen. Istilah apartemen digunakan secara luas di Amerika Utara, sementara istilah flat digunakan di Britania Raya dan negara-negara persemakmuran.


#Klasifikasi Apartemen 

Berikut ini adalah 10 Jenis/Macam (Klasifikasi Apartemen)
  1. Apartemen Berdasarkan Sistem Kepemilikan
  2. Apartemen Berdasarkan Tipe Pengelolaannya 
  3. Apartemen Berdasarkan Penghuni 
  4. Apartemen berdasarkan Golongan Ekonomi 
  5. Apartemen Berdasarkan Ketinggian Bangunan
  6. Apartemen Berdasarkan Sirkulasi Horisontal
  7. Apartemen Berdasarkan Sirkulasi Vertikal 
  8. Apartemen Berdasarkan Sistem Penyusunan Lantai
  9. Apartemen Berdasarkan Bentuk Masa Bangunan
  10. Apartemen Berdasarkan Tipe Unit

#Tips Memilih Apartemen

Jiak anda sedang mencari Apartemen hendaknya pelajari terlebih dahaulu beberapa hal dan aspek serta faktor yang perlu dipertimbankan dalam memilih apartemen:

Lokasi 
merupakan aspek pertama yang perlu diperhatikan dalam membeli apartemen. Hal pertama yang mesti anda lakukan adalah perhatikan jarak tempuh yang paling dekat dengan tempat anda beraktivitas sehari-hari (kantor / tempat berbisnis anda), sehingga lebih efisien menghemat waktu tempuh, biaya transportasi serta tenaga. 

Fasilitas
fasilitas pada apartemen merupakan keunggulan dibandingkan dengan model hunian lainnya. Pastikan tersedia berbagai fasilitas, seperti pusat kesehatan dan kebugaran (kolam renang, fitness center, jogging track dll), pusat perbelanjaan/mini market, restoran, tempat parkir yang luas, taman bermain anak-anak, atm dan banking, keamanan (Security, CCTV & Access card) dan lain sebagainya di apartemen.

Pengembang
Membangun apartemen berbeda dengan membangun rumah. dalam membangun rumah developer bisa melakukan satu demi satu atau apabila sdh terjual lokasinya baru di bangun. Sedangkan untuk membangun apartemen tidak dapat menunggu satu demi satu laku baru di bangun. Developer harus tetap bangun walaupun belum laku sebagian besar.Sebaiknya memilih developer yang sudah berpengalaman dan diketahui track recordnya agar tidak terjadi gagal bangun ataupun hal lain yang tidak di inginkan. salah satu pengembang yang sudah memiliki track record.

Legalitas 
Jika kita membeli sebuah rumah, maka kita akan mendapat SHM (Surat Hak Milik). SHM adalah surat kepemilikan yang terkuat, tidak ada batas waktu, bisa diwariskan turun temurun. Jika kita membeli sebuah apartemen maka kita akan mendapat sertifikat HGB (Hak Guna Bangunan). HGB ada batasan waktunya sampai 20 tahun. Dan perhatikan juga apakah sertifikat tersebut HGB murni / HGB diatas HPL (Hak Pengelolaan Lahan). Kalau HGB murni berarti tanah tersebut milik developer, jika setelah sertifikat HGB habis maka bisa diperpanjang. Kalau HGB di atas HPL berarti tanah tersebut bukan milik Developer melainkan kerjasama developer dengan pihak lain sebagai pemilik tanah. Setelah jangka waktu kerjasama habis maka hak bangunan dan tanah menjadi hak pemilik tanah.
Advertisements

Subscribe to receive free email updates: