Informasi Terbaru Seputar Konstruksi Banguan
(Data Refrensi, Harga Material Banguan & Upah, Properti dan Karir)
Advertisements

Informasi Harga Semen Terbaru Juni 2018 Terlengkap

Dalam dunia konstruksi bangunan, semen tentu menjadi salah satu bahan utama lainnya yang selalu dan pasti akan dibutuhkan untuk digunakan setelah kayu dan genteng.

Pada sebuah konstruksi bangunan, semen umumnya diperlukan untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai dari untuk kebutuhan bangunan gedung, bangunan rumah dan bangunan lainnya.

Semen adalah salah satu bahan baku yang sangat penting pada sebuah konstruksi bangunan. Semen biasa digunakan sebagai perekat dan memplester, seperti merekatkan batu bata ataupun batako pada sebuah bangunan. Serta memplaster tembok atau lantai.

Postingan ini disajikan untuk membantu anda agar dapat mengetahui pilihan semen berkualitas. Mempermudah anda dalam memperkirakan anggaran biaya yang akan anda keluarkan dalam membeli semen untuk proyek bangunan yang sedang anda kerjakan.

Namun, sebelum anda mengetahui seluruh informasi harga semen terbaru secara lengkap melalui data arsitek. Sebagai referensi tambahan, mungkin anda tertarik terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis semen, kandungan pada semen, dan merek-merek semen ternama yang ada di Indonesia.


Pilihan Jenis-jenis Semen Populer 

Tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya, ternyata semen tidak hanya tersedia dalam satu jenis yang sama, melainkan beragam macam jenis produk. Selain tersedia dalam jenis populer yang lumrah dijual di pasaran, kita juga dapat memesan semen jenis lainnya yang tidak ditemukan dipasaran dengan cara membelinya melalui pemesanan khusus.

Berdasarkan informasi yang berhasil saya himpun, ada 4 jenis semen populer yang tersedia dan menarik untuk kita ketahui bersama. Diantaranya adalah jenis semen reguler (biasa), jenis semen campuran, semen putih, dan semen putih aican. Menariknya dua jenis semen utama tersebut tersedia dalam beberapa tipe dan memiliki karakter dan fungsi yang berbeda pula.

# Semen Reguler (Biasa)

Semen reguler atau semen biasa, merupakan semen bubuk yang berwarna abu kebiruan yang dibuat dari bahan dasar batu kapur atau gamping yang diolah dengan dalam suhu tinggi. Sering digunakan secara umum untuk keperluan pembangunan rumah dan bangunan tinggi, semen ini terdiri dari lima tipe utama yaitu :

1. Tipe I (Ordinary Portland Cement) 

Semen portland tipe I, adalah semen paling familiar karena paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dan beredar di pasaran. Semen biasa tipe I sangat direkomendasikan untuk konstruksi bangunan umum yang tidak memerlukan persyaratan khusus untuk hidrasi panas dan kekuatan tekan awal. Seperti untuk konstruksi rumah permukiman, gedung bertingkat, dan jalan raya. Karakteristik Semen Portland Type I ini cocok digunakan di lokasi pembangunan di kawasan yang jauh dari pantai dan memiliki kadar sulfat rendah.

2. Tipe II (Moderate Sulfat Resistance) 


Semen Portland Tipe II, adalah semen biasa yang terbukti memiliki daya tahan terhadap asam sulfat antara 0,10 hingga 0,20 persen dan hidrasi panas  tingkat sedang. Semen tipe ini sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai bahan baku bangunan yang akan dibangun di lokasi pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi, dan bendungan.

3. Tipe III (High Early Strength)

Berbeda dengan semen tipe I yang dapat digunakan tanpa persyaratan khusus pada sebuah konstruksi, semen portland tipe III harus memenuhi syarat konstruksi bangunan dengan persyaratan khusus. Semen biasa tipe III ini memiliki karakteristik daya tekan awal yang tinggi pada permulaan setelah proses pengikatan terjadi, lalu kemudian segera dilakukan penyelesaian secepatnya.

Jenis semen tipe III ini sangat direkomendasikan untuk digunakan sebagai pembuatan bangunan tingkat tinggi, jalan beton atau jalan raya bebas hambatan, hingga bandar udara dan bangunan dalam air yang tidak memerlukan ketahanan asam sulfat. Ketahanan semen Portland tipe III menyamai kekuatan umur 28 hari beton yang menggunakan Portland tipe I.                    

4. Tipe IV (Low Heat of Hydration)

Dalam penggunaannya, semen biasa Portland tipe  IV ini membutuhkan panas hidrasi rendah.  Selain sangat cocok digunakan untuk pembangunan pada daerah dengan suhu yang panas,  semen Portland Tipe ini juga sering digunakan untuk pembangunan sebuah dam atau lapangan udara.

5. Tipe V (Sulfat Resistance Cement)

Semen Portland Tipe V sering digunakan untuk konstruksi bangunan yang membutuhkan daya tahan tinggi terhadap kadar asam sulfat tinggi lebih dari 0,20 persen. Semen tipe ini disajikan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di lokasi dengan kadar asam sulfat tinggi misalnya di rawa-rawa, air laut atau pantai, serta kawasan tambang. Jenis bangunan yang membutuhkan semen Portland tipe V diantaranya adalah bendungan, pelabuhan, konstruksi dalam air, hingga pembangkit tenaga nuklir.

#Semen Campuran 

Semen campuran adalah salah satu pilihan semen yang terdiri dari berbagai pilihan jenis. Sedikitnya ada 7 jenis semen campuran yang bisa kita ketahui bersama diantaranya adalah :

1. Portland Composite Cement (PCC)

Portland Composite (PCC) adalah semen campuran yang sering digunakan sebagai bahan pengikat untuk konstruksi beton umum, pasangan batu bata, beton pra cetak, beton pra tekan, paving block, plesteran dan acian, dan sebagainya. Jenis semen campuran ini memiliki karakteristik yang lebih mudah dikerjakan, kedap air, tahan sulfat, dan tidak mudah retak. Semen campuran PCC dibuat dari beberapa unsur diantaranya terak, gypsum, dan bahan anoraganik.

2. Super Portland Pozzolan Composite Cement (PPC)

Semen super portland pozzolan composite sering digunakan untuk konstruksi beton massa, konstruksi bangunan tepi pantai atau beberapa lokasi yang harus memiliki ketahanan terhadap sulfat, tahan hidrasi panas sedang, pekerjaan pasangan dan plesteran. Beberapa jenis bangunan yang cocok menggunakan semen campuran ini adalah perumahan, jalan raya, dermaga, irigasi, dan sebagainya. Semen ini merupakan pengikat hidrolis seperti halnya PCC namun terdiri dari campuran terak, gypsum, dan pozzolan.

3. Special Blended Cemeny (SBC)

Ada yang istimewa dari jenis special belended cement (SBC) atau semen campur karena khusus dirancang dalam pembangunan jembatan terbesar yang menghubungkan Surabaya dengan Madura yang dikenal dengan Jembatan Suramadu. Karakteristik special blended cement tentu memenuhi kebutuhan konstruksi bangunan pada air laut seperti halnya jembatan Suramadu yang berdiri diatas laut.

4.  Super Masonry Cement (SMC)

Kegunaan Super Masonry Cement (SMC) diantaranya sebagai bahan baku genteng beton, tegel, hollow brick, dan paving block. Selain itu, digunakan hanya pada kisaran konstruksi bangunan rumah atau irigasi dengan struktur beton paling besar K225. Tipe ini pertama kali diperkenalkan di USA.

5. Oil Well Cement (OWC) Class G-HSR (High Sulfate Resistance)

Lain rumah, lain pula material yang digunakan untuk sumur bumi. Karakteristik Oil Well Cement (OWC) Class G-HSR yang tahan terhadap sulfat tinggi ini merupakan jenis yang dibuat untuk kegunaan khusus di kedalaman dan temperatur tertentu yang bisa disesuaikan dan kecepatan pengerasan dikurangi. Diantara proyek yang menggunakan material ini yaitu sumur minyak bumi di bawah permukaan bumi dan laut.

6. Semen Thang Long PCB40

Karakteristik semen thang long PCB40 yang memiliki daya tahan tinggi terhadap sulfat sesuai untuk konstruksi bangunan bawah tanah dan air. Tak hanya itu, semen ini juga memeiliki daya tahan terhadap penyerapan air, erosi lingkungan, dan tahan lama. Jenis ini juga hemat digunakan karena kekuatannya. Iklim Vietnam sangat pas untuk penggunaan jenis semen ini.

7. Semen Thang Long PC50

Kegunaan semen thang long PC50 yang banyak digunakan untuk proyek-proyek besar dan rumit sehingga membutuhkan jenis semen dengan spesifikasi tinggi. Standarisasi yang setara Asia, Eropa, bahkan Amerika ini diaplikasikan untuk jembataan hingga pembangkir listrik. Karakteristik semen thang long PC50 diantaranya memiliki ketahanan tinggi terhadap sulfat sehingga bisa pula digunakan di bawah tanah dan air.

# Semen Putih ( white portland cement)

Kegunaan semen putih diaplikasikan untung lapisan keramik hingga dekorasi interior dan eksterior bangunan. Merek yang beredar dipasaran adalah Semen Tiga Roda, Plamur Kingkong, Semen Putuh Cap Gajah dan Semen Putih Panda.

# Semen Acian Putih/Mortar TR30

Katarekteristik semen acian putih atau mortar TR30 ialah memiliki daya rekat yang tinggi dan dapat menghasilkan permukaan acian yang lebih halus. Oleh karena itu, tidak mudah retak, dan terkelupas. Waktu pengerjaannya juga cenderung lebih cepat. Kegunaan semen acian putih adalah untuk untuk finishing seperti diantaranya plesteran, acian, pasangan keramik.

9 Pilihan Merek Semen Terbaik di Indonesia 

1. Semen Holcim Indonesia 

Semen Holcim adalah salah satu merek semen yang diproduksi oleh produsen semen di Indonesia yang bernama PT Holcim Indonesia Tbk. Berada di bawah kepemimpinan presiden direktur Gerhard Wolfgang Schutz, 80.65% saham Holcim Indonesia dimiliki oleh LafargeHolcim Group dan sisanya dimiliki publik.

Didirikan pertama kali pada 1971, saat ini Holcim Indonesia telah memiliki tiga pabrik semen masing-masing di Narogong, Jawa Barat, Cilacap, Jawa Tengah, dan Tuban, Jawa Timur dengan total kapasitas maksimum 12.5 juta ton semen per tahun.

2. Semen Tiga Roda 

Semen Tiga Roda adalah salah satu merek semen populer di Indonesia yang diproduksi oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Didirikan pertama kali pada tahun 1985,  Indocement  saat ini dioperasikan secara terpadu dengan total kapasitas produksi terpasang sebesar 18,6 juta ton semen bermutu tinggi per tahun.

3. Semen Batu Raja 

Semen batu raja adalah salah satu merek semen yang diproduksi oleh PT Semen Baturaja (Persero), yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

Didirikan pertama kali pada 14 November 1974, saat ini PT Semen Baturaja (Persero) telah memiliki pabrik terbesar dengan kapasitas 1,85 juta ton semen per tahun, dengan jangkauan daerah layanan meliputi Sumatera Selatang dan Lampung. 

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk memproduksi dua tipe semen, diantaranya : Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I dan semen campuran jenis Portland Composite Cement (PCC). 

4. Semen Padang 

Semen Padang adalah salah satu merek semen yang diproduksi oleh perusahaan semen tertua di Indonesia yaitu PT Semen Padang  yang didirikan pada 18 Maret 1910 dengan nama NV Nederlandsch-Indische Portland Cement Maatschappij atau NIPCM.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia sebesar 51,01% sedangkan saham lainnya sebesar 48,09% dimiliki publik. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. merupakan perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia. Total kapasitas produksi PT Semen Padang adalah 5.240.000 ton/tahun. 

5. Semen Gersik 

Semen Gersik adalah salah satu merek semen yang diproduksi oleh PT Semen Gresik yang merupakan anak perusahaan dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Perusahaan ini merupakan perusahaan operasional penghasil semen di grup Semen Indonesia. 

6. Semen Bosowa 

Ini adalah salah satu merek semen yang diproduksi oleh perusahaan yang bergerak diberbagai bidang yang bernama Bosowa Corp. Didirikan pertama kali oleh Aksa Mahmud di kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada 22 Februari 1973, selain memproduksi merek semen bermutu, saat ini Bosowa Corp mempunyai 10 unit bisnis, yakni otomotif, semen, logistik dan transportasi, pertambangan, properti, jasa keuangan, infrastruktur, energi, media, dan multibisnis.

7. Semen Andalas 

Merek semen ini diproduksi oleh perusahaan Semen Andalas Indonesia, yang berada di bawah naungan  PT Lafarge Cement Indonesia. Perusahaan Semen Andalas Indonesia merupakan salah satu perusahaan semen terbesar kedua di Indonesia. Perkembangan bisnis Semen Andalas telah menjangkau seluruh pelosok di Indonesia. Menurut data dari Departemen Perindustrian bahwa produksi semen nasional oleh Semen Andalas Indonesia mencapai hingga 33 juta ton pada tahun 2005.

8. Semen Tonasa 

Ini adalah salah satu merek semen yang diproduksi oleh PT Semen Tonasa (Persero), yaitu produsen semen terbesar di kawasan Indonesia Timur yang menempati lahan seluas 715 hektar di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, sekitar 68 kilometer dari Kota Makassar. PT Semen Tonasa didirikan sesuai TAP MPRS No.II/MPRS/1960 tanggal 5 Desember 1960 dengan kepemilikan 100% pemerintah. Tonasa I beroperasi dengan kapasitas 120.000 ton per tahun.

9.  Semen Kupang 

Semen Kupang adalah salah satu merek semen populer di NTT yang mulai beroperasi setelah diresmikan langsung oleh Presiden Soeharto pada 14 Agustus 1983. Kala itu kapasitas produksinya mencapai 120.000 ton per tahun.

Semen Kupang merupakan perusahaan patungan dari PT Semen Gresik (mayoritas), BNI dan Pemda NTT melalui PD Flobamora (1,12 persen). Pada tahun 1991, perusahaan ini berubah statusnya menjadi BUMN. Kapasitas produksi sempat dinaikkan ke angka 570.000 ton per tahun karena harus ekspor ke Australia. Sayangnya, di bulan Maret 2008 pabrik ini berhenti beroperasi karena pailit.

Pasang surut perusahaan mulai dirasakan di era 2000-an. Utang perusahaan mencapai Rp 30 miliar lebih kala itu. Melihat situasi tersebut, Kementerian BUMN mencairkan dana sebesar Rp50 miliar dari APBN pada 2007 untuk menalangi utang-utang perusahaan serta memperbaiki manajemen yang terkesan amburadul itu.

Setelah 3,5 tahun lamanya mati, Semen Kupang kembali beroperasi pada Agustus 2011 lalu. Namun produksinya hanya terbatas pada kota Kupang, NTT saja.

5 Kandungan Kimia dalam Semen : 

  1. Trikalsium Silikat 
  2. Dikalsium Silikat 
  3. Trikalsium Aluminat
  4. Trikalsium Aluminofe
  5. Gipsun 

6 Jenis Semen Berdasarkan Standard SNI :

  1. SNI 15-0129-2004 Semen Portland Putih 
  2. SNI 15-0302-2004 Portland Composite Cement (PCC)
  3. SNI 15-2049-2004 Ordinary Portland Cement
  4. SNI 15-3500-2004 Semen Portland Campur 
  5. SNI 15-3758-2004 Semen Masonry
  6. SNI 15-7064-2004 Semen Portland Komposit 

Tabel Daftar Harga Semua Merek & Jenis Semen Juni 2018 Terlengkap 

Jenis Semen Merek Semen Ukuran Harga Semen
Portland Composite Cement Semen Baturaja 50 kg Rp 62.000
Portland Composite Cement Semen Gresik 40 kg Rp 57.000
Portland Composite Cement Semen Gresik 50 kg Rp 70.000
Portland Composite Cement Semen Garuda 50 kg Rp 58.000
Portland Composite Cement Semen Holcim 40kg Rp 56.000
Portland Composite Cement Semen Holcim 50 kg Rp 68.000
Portland Composite Cement Semen Merah Putih 40 kg Rp 52.000
Portland Composite Cement Semen Merah Putih 50 kg Rp 63.000
Portland Composite Cement Semen Padang 40 kg Rp 50.000
Portland Composite Cement Semen Padang 50 kg Rp 63.000
Portland Composite Cement Semen SCG 50 kg Rp 56.000
Portland Composite Cement Semen Tiga Roda 40 kg Rp 58.000
Portland Composite Cement Semen Tiga Roda 50 kg Rp 70.000
Semen Instan Mortar Utama (MU-300) Perekat Bata 40 kg Rp 51.000
Semen Instan Mortar Utama ( MU-380) Perekat Bata Ringan atau Bata Hebel 40 kg Rp 125.000
Semen Instan Mortar Utama (MU-301) Perekat Bata dan Plesteran 50 kg Rp 60.000
Semen Instan Mortar Utama (MU-100) Plester Premium 40 kg Rp 60.000
Semen Instan Mortar Utama (MU-200) Acian Plester & Beton 40 kg Rp 160.000
Semen Instan Mortar Utama (MU -270) Acian Putih 26 kg Rp 156.000
Semen Instan Mortar Utama (MU-410) Untuk Lantai 25 kg Rp 225.000
Semen Instan Mortar Utama ( MU-440) Perata Lantai 40 kg Rp 55.000
Semen Instan Mortar Utama (MU-445) Perata Lantai Premium 40 kg Rp 107.000
Semen Instan Mortar Utama (MU-450) Perekat Keramik Lantai 5 kg Rp 33.500
Semen Instan Mortar Utama (MU-450 Perekat Keramik Lantai 40 kg Rp 205.000
Semen Instan Mortar Utama (MU-460) Perekat Keramik Daerah Daerah Basah 40 kg Rp 438.500
Semen Instan Mortar Utama (MU-470) Perekat Keramik 25 kg Rp 385.000
Semen Instan Mortar Utama (MU-600) Pelapis Kedap Air 3 kg Rp 115.000
Semen Instan Mortar Utama (MU-700) Pengeras dan Pelicin Lantai Beton 25 kg Rp 142.000
Semen Instan Mortar Utama (MU-830) Perbaikan Permukaan Beton 40 kg Rp 263.000
Semen Putih Semen Putih Tiga Roda 40 kg Rp 98.000
Semen Putih Plamur Kingkong 40 kg Rp 80.000
Semen Putih Black Bull 40 kg Rp 63.000
Semen Putih Elephant 40 kg Rp 52.000
Semen Putih Panda 40 kg Rp 51.000


Penutup 

Setelah mengetahui semua jenis dan merek semen lengkap dengan daftar harga semen terbaru Juni 2018. Saya berharap anda dapat melakukan perbandingan harga dengan mudah dan mengetahui patokan harga semen, sebelum akhirnya melakukan pembelian untuk proyek pengerjaan bangunan anda.

Semua informasi harga semen Maret 2018 dapat berubah setiap waktu tanpa pemberitahuan lebih dulu dan juga tergantung naik atau turunnya harga bahan bangunan yang ada di Indonesia.
Advertisements
Advertisements