Informasi Lengkap Harga Cat Dinding/Tembok Terbaik yang Tahan Lama

Ada banyak faktor yang perlu diterapkan untuk membuat dinding eksterior dan interior bangunan agar dapat tampil elegan dan mengesankan. Selain faktor desain ruang. Salah satu faktor lainnya adalah, dengan melakukan pemilihan warna dan kualitas cat secara tepat untuk tembok atau dinding konstruksi bangunan itu sendiri.

Cat tembok adalah salah satu perlengkapan atau bahan konstruksi yang paling sering digunakan dan telah populer lebih dulu sebelum hadirnya wallpaper dinding.

Bila sebelumnya melalui dataarsitek Anda sudah mengetahui pembahasan mengenai wallpaper dinding secara lengkap, baca : (Harga Wallpaper Dinding Terbaru Maret 2024 Terlengkap). Selanjutnya, Anda juga mungkin tertarik mengetahui informasi lengkap yang terbaik seputar cat tembok atau dinding melalui dataarsitek.

Postingan ini tidak hanya akan membuat Anda dapat mengetahui seluruh informasi harga cat tembok terbaik yang tahan lama. Kriteria cat tembok terbaik berkualitas, warna cat tembok terbaik yang paling sering digunakan, serta merek-merek cat dinding top yang paling direkomendasikan juga bisa diktetahui di sini.

Jadi pastikan Anda tetap menatap layar perangkat Anda dalam posisi santai, dan silahkan membaca seluruh isi postingan ini hingga selesai.

5 Kriteria Cat Tembok Terbaik Berkualitas 

#1 Daya Rekat Cat Sangat Baik

Saat ini, seiring perkembangan zaman dan teknologi, cat tembok dibuat tidak hanya menggunakan satu bahan atau zat saja. Ada banyak bahan atau zat yang terkandung dalam cat tembok atau dinding. Salah satu bahan atau zat yang paling populer adalah binder (zat lekat).  

Cat tembok terbaik biasanya mengandung binder yang sangat porporsional baik dari segi kualitas bahan dan kuantitas binder itu sendiri. 

Kandungan zat binder berkualitas dengan kuantitas yang proporsional, dipastikan akan membuat daya rekat cat tembok akan semakin baik dan kuat. 

Cat tembok berdaya rekat yang sangat baik dan kuat, dipastikan tidak akan mudah rusak seperti mengelupas atau mengapur.  Bahkan, tahan terhadap gosokan sikat sekalipun.

#2 Dapat Dicampur Pelarut dengan Mudah 

Cat tembok atau dinding yang berkualitas juga biasanya dapat dengan mudah untuk dicampur dengan pelarut khusus. Ketika dicampur pelarut, cat tembok 

berkualitas biasanya akan mendapatkan hasil campuran yang pas dengan muda dan cepat. Tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer, sehingga cat diaplikasikan menggunakan kuas, roll, atau spray dengan mudah. 

Cat tembok berkualitas biasanya tidak mudah meleleh ketika diaplikasikan pada dinding secara vertikal. Untuk mengaplikasikan cat secara merata, serta mencegah konsumsi cat berlebih atau boros, juga dapat dilakukan dengan mudah menggunaka cat tembok terbaik berkualitas.

#3 Dapat Menutup Permukaan Dinding dengan Baik dan Rata

Cat tembok berkualitas biasanya tidak membutuhkan banyak lapisan untuk menutup permukaan dinding. Cukup satu atau dua lapis cat saja maka permukaan dinding akan tertutup baik dengan sangat rata. 

Cat dinding berwarna pastel atau warna muda berkualitas, biasanya dapat dengan mudah menutup permukan dinding secara merata dengan sangat cepat.

Sementara cat dinding yang berkualitas dengan warna cerah atau warna tua, tetap memerlukan beberapa lapisan cat untuk menutup permukaan dinding secara keseluruhan. Karena, formula pada cat dinding yang digunakan berbeda. 

#4 Memberi Perlindungan Ekstra Pada Dinding 

Cet tembok terbaik yang berkualitas tidak hanya akan membuat dinding tampil elegan dan mengesankan. Cet tembok yang masuk dalam kriteria terbaik berkualitas biasanya juga menawarkan perlindungan ekstra. Seperti perlindungan dari cuaca, lumut, dan jamur. Sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada dinding. Cat berkualitas dipastikan juga tidak membuat dinding mudah menjadi kusam, kotor, dan rapuh atau rontok.

#5 Memiliki Kualitas yang Konsisten

Kualitas yang konsisten mutlak diperlukan. Ini sering terjadi saat Anda mengecat dinding yang cukup luas dan memerlukan lebih dari satu kaleng cat. Ketika Anda menggunakan cat di kaleng kedua, cat tersebut harus memiliki warna yang sama dengan cat di kaleng pertama. Jika cat tidak memiliki kualitas yang konsisten Anda pasti memiliki dinding rumah yang belang.

Warna Cat Tembok Terbaik yang Paling Sering Digunakan 

Menentukan warna dan melakukan perpaduan cat secara tepat, tentu dapat membuat tembok atau dinding konstruksi bangunan Anda dapat tampil mengesankan dan aktraktif. Berikut beberapa pilihan warna cat tembok terbaik yang sering digunakan pada dinding interior dan eksterior.


Pilihan Warna Cat Tembok Interior Terbaik 

  • Warna monokromatis

Warna monokromatis, adalah perpaduan dua pilihan warna antara hitam dan putih yang diserasikan untuk membuat dinding interior ruangan rumah dapat menciptakan tampilan modern, simple dan fresh. Penerapan atau perpaduan kedua warna hitam dan putih pada dinding biasanya dibagi menjadi dua bagian penting yang tidak boleh tertukar. 

  • Warna earth tone

Warna earth tone, merupakan pilihan warna-warna bernuansa nature atau alam. Bebarapa warna earth tone terbaik yang bisa dipilih dan diterapkan pada dinding interior konstruksi bangunan adalah, hijau, biru atau cokelat. Kekayaan warna pada alam dapat dijadikan sebagai inspirasi yang dapat diterapkan pada dinding interior yang memilih warna earth tone sebagai warna utamanya.

  • Highlight

Highlight adalah salah satu kategori warna dinding interior terbaik yang terdiri dari ragam warna-warna cerah.  Pemilihan warna highlight pada dinding interior konstruksi terbukti membuat ruangan dapat menghasilkan kesan atau nuansa yang lebih aktraktif. 

Pilihan Warna Cat Tembok Eksterior Terbaik 

Sama dengan tembok interior, untuk memperoleh warna tembok eksterior terbaik, maka diperlukan kejelian dalam pemilihan dan pemaduan warna. 

Sedikitnya, eksterior konstruksi bangunan membutuhkan tiga corak warna (fasad, lis dan aksen). Sebuah website yang fokus membahas dan menyajikan ide dekorasi rumah terbaik, yaitu Housebeautiful.com, menginformasikan bahwa warna klasik seperti abu-abu dan biru, krem netral dan cokelat batu bata adalah pilihan paling populer.

Sementara untuk bagian trim color atau warna tepian, warna-warna yang lebih terang dari fasad adalah warna terbaik. Warna terang pada lis membuat eksterior lebih dinamis. Beberapa warna list yang bisa dipilih adalah abu-abu terang, krem dan putih.

Sementara pada bagian aksen atau accent color, yaitu warna yang diterapkan pada pintu atau kerangka jendela bagian dari eksterior selain tembok. 

Anda dapat berekspresi secara bebas, karena area aksen tidak terlalu banyak. Hanya saja Anda tentu harus dapat memilih warna yang sesuai dengan warna dinding atau temboknya, agar terlihat benar-benar senada. Sebagai contoh pilih warna seperti biru, abu-abu dan hitam pekat yang banyak dipilih oleh sebagian orang.

Sementara untuk dinding sebuah konstruksi bangunan dengan konsep minimalis umumnya menggunakan  2 hingga 3 kombinasi warna. Diantaranya adalah :
  • Kombinasi Orange
Warna Splash Orange 47383 dapat dikombinasikan dengan Spice Orange 12YY 51/682 atau Eastern Spice 47331. Perpaduan warna orange ini, membuat dinding eksterior menjadi lebih dengan warna alam terluar yang didominasi warna hijau. Sehingga dinding eskterior akan terlihat lebih fresh. 
  • Kombinasi Putih
Warna favorit putih 888 44855 dengan warna White Swan 60YY 83/062 merupakan perpaduan serasi. Penambahan warna abu-abu dalam paduan ini dapat menambah kesan minimalis modern pada dinding eksterior. 
  • Kombinasi Biru
Kombinasi warna biru Blue Sapphire 98BG 26393 dan Blue Wave 41438 akan membuat suasana eksterior rumah Anda lebih tenang dan damai. Kombinasi ini cocok untuk melepas kepenatan setelah Anda beraktivitas di luar rumah. Anda juga bisa tambahkan sedikit aksen warna merah dari furniture seperti kursi dan meja kecil di teras rumah.

Pilihan Merek Cat Dinding Top Paling Direkomendasikan 

Ada banyak keuntungan yang pastinya ditawarkan oleh sebuah cat dinding dengan merek terbaik. Beberapa keuntungan yang bisa diketahui adalah cat didukung dengan bahan pelapis anti bocor, dan cat juga memiliki daya tahan yang sangat baik. Berikut beberapa pilihan cat dinding ekslusif yang bisa diketahui : 
  1. Jotun jotashield & jotashield extreme
  2. Mowilex weather coat
  3. Nippon weather bond
  4. Dulux weathershield pro dan weathershiled max 
  5. Welproof
  6. Top Seal 
  7. Aquaproof 
  8. Ultra Proof 
  9. Catylac
  10. Metrolite 

10 Daftar Harga Cat Dinding Merek Terbaik 

Merek Cat Volume Harga Warna
Jotun Jotashield Primer 07 2,5 L Rp. 120.000 -
Jotun Jotashield Primer 07 20 L Rp. 930.000 -
Jotun jotashield extreme 2,5 L Rp.258.000 Putih
Jotashield extreme 20 L Rp.1.900.000 Putih
Mowilex weather coat 2,5 L Rp. 125.000 Biru Laut
Mowilex weather coat 20 L Rp. 900.000 Biru Laut
Dulux weathershield pro 2,5 L Rp.190.000 Putih
Dulux weathershield pro 20 L Rp.1.258.000 Putih
Welproof 1 Kg Rp.45.500 Transparan
Welproof 4 Kg Rp.166.500 Transparan
Welproof 20 Kg Rp.747.000 Transparan
Top Seal 1 L Rp. 60.000 Sahara
Top Seal 20 L Rp. 750.000 Brown
Aquaproof 1 Kg Rp. 45.000 Abu Muda
Aquaproof 4 Kg Rp. 158.500 Brown
Aquaproof 20 Kg Rp. 726.000 Putih
Catylac 5 Kg Rp. 93.500 Putih
Catylac 25 Kg Rp. 455.000 Putih
Metrolite 3 L Rp. 87.000 Putih
Metrolite 16 L Rp. 390.000 Putih

Harga Cat Tembok Eksterior Terbaik Terbaru 2024

Merek Cat Volume Harga
Dulux 2,5 L Rp. 190.000
Dulux 20 L Rp. 1.285.000
Mowilex 2,5 L Rp. 160.000
Mowilex 20 L Rp. 1.250.000
Catylac 5 Kg Rp.75.000
Catylac 25 Kg Rp.285.000
Metrolite 3 L Rp.65.000
Metrolite 16 L Rp. 275.000

Pilihan dan Harga Cat Dinding Interior Berkualitas Terbaru 2024

Merek Cat Volume Harga
Dulux Weather Shield Interior / Briliant White 2,5 L Rp. 215.000
Dulux Pentalite Standard Colour 2,5 L Rp. 137.000
Dulux Pearl Go 2,5 L Rp. 180.000
Dulux 2,5 L Rp. 117.000
Catylac 5 Kg Rp.95.000
Catylac 25 Kg Rp.350.000
Vinlex 5 Kg Rp.75.000
Vinlex 25 Kg Rp. 435.000
Metrolite 1 Kg Rp. 25.000
Metrolite 3 L Rp. 77.000
Metrolite 16 L Rp.380.000
Mowilex 1 Liter Rp.45.500
Mowilex 2,5 L Rp.130.000
Mowilex 20 L Rp.925.000

Penutup

Setelah mengetahui informasi lengkap harga cat tembok terbaik yang ada dalam postingan ini, saya berharap Anda dapat menemukan pilihan cat tambok berkualitas merek terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda dengan mudah. 

Semua daftar harga cat tembok terlengkap yang disajikan di atas, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 

Subscribe to receive free email updates: